INFO GRAFIS APBKal KALURAHAN SUKOHARJO

13 Februari 2023
Administrator
Dibaca 22 Kali
INFO GRAFIS APBKal KALURAHAN SUKOHARJO

Sukoharjo- Selenggarakan Pemerintah yang tebuka dan Trasparan, Pemerintah Kalurahan Sukoharjo rutin setiap tahun Pasang banner APBKal 2023 di 15 titik yang tersebar Seluruh padukuhan yang ada di Sukoharjo termasuk Kantor kalurahan Sukoharjo (Senin, 13 Februari 2023)

Berdasarkan Peraturan Bupati No 29 Tahun 2019 tentang Siklus Tahunan Desa, Pemerintah Kalurahan (Pemkal) di wajibkan melaksanakan dan menata usahakan APBKal. Dalam hal ini merupakan Tanggung jawab Lurah atas Siklus Tahunan Desa. 

Dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan Pemerintahan yang terbuka dan transparan tersebut, Pemkal Sukoharjo senantiasa melaporkan penjabaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Kalurahan (APBKal) setiap tahunnya kepada masyarakat, tidak terkecuali untuk Tahun Anggaran 2023 ini.

Total anggaran untuk pendapatan tahun 2023 senilai Rp. 4.305.412.680,- yang masuk ke Kalurahan Sukoharjo, yang di bagi kedalam enam pendapatan yaitu :

  1. Pendapatan asli kalurahan Rp. 122.000.000,-
  2. Dana Desa Rp. 1.567.531.000,-
  3. Bagi hasil pajak dan retribusi Rp. 838.182.740,-
  4. Alokasi Dana Desa Rp. 1.530.000.000,-
  5. Bantuan Keuangan Rp. 239.152.000,-
  6. Pendapatan lain-lain Rp. 8.546.940,-

 

Sedangkan Belanja Kalurahan tahun 2023 senilai Rp. 5.034.285.371,- yang di bagi ke dalam 5 bidang penganggaran yaitu :

  1. Bidang penyelenggaraan Pemerintah Desa Rp. 2.373.704.866,-
  2. Bidang pelaksanaan Pembanguan Desa Rp. 1.369.616.800,-
  3. Bidang pembinaan kemasyarakatan Rp. 377.092.000,-
  4. Bidang pemberdayaan masyarakat Rp. 512.036.750,-
  5. Bidang penanggulangan bencana, darurat, dan mendesak Desa Rp. 401.834.955,-

 

dengan rincian Belanja sebagai berikut :

    1. Bidang penyelenggaraan Pemerintah Desa

  • Penyelenggaraan Siltap, tunjangan dan Oprasional Pemerintah Kalurahan Rp. 1.803.024.866
  • Penyediaan Sarana Prasarana Pemerintah Kalurahan Rp. 286.770.000,-
  • Administrasi kependudukan dan Pencatatan sipil dan kearsipan  Rp. 50.797.000,-
  • Tata praja pemerintahan, perencanaan, keuangan, dan Pelaporan Rp. 126.007.000,-
  • Sub bidang pertanahan Rp. 107.106.000,- 

 

    2. Bidang pelaksanaan Pembanguan Desa 

  • Sub bidang pendidikan Rp. 38.505.000,-
  • Sub bidang kesehatan Rp. 174.857.500
  • Sub bidang pekerjaan umum dan penataan ruang Rp. 1.128.347.800,-

 

    3. Bidang pembinaan kemasyarakatan 

  • Sub bidang ketentraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat Rp. 47.432.000,-
  • Sub bidang kebudayaan dan keagamaan Rp. 163.853.500,-
  • Sub bidang kepemudaan dan olahraga Rp. 34.102.500,-
  • Sub bidang kelembagaan masyarakat Rp. 131.704.000,-

 

    4. Bidang pemberdayaan masyarakat 

  • Sub bidang kelautan dan perikanan Rp. 20.087.000,-
  • Sub bidang pertanian dan peternakan Rp. 152.465.000,-
  • Sub bidang peningkatan kapasitas aparatur desa Rp. 68.575.500,-
  • Sub bidang pemberdayaan perempuan, perlindungan anak dan keluarga Rp. 13.226.250,-
  • Sub bidang koperasi, usaha micro kecil dan menengah (UMKM) Rp. 14.917.500,-
  • Sub bidang dukungan penanaman modal Rp. 11.952.500,-
  • Sub bidang perdagangan dan perindustrian Rp. 230.812.500,-

 

    5. Bidang penanggulangan bencana, darurat, dan mendesak Desa

  • Sub bidang penanggulangan bencana Rp. 114.897.500,-
  • Sub bidang keadaan darurat Rp. 2.537.455,-
  • Sub bidang keadaan mendesak Rp 284.400.000,-

 

Info Grafis APBKal Kalurahan Sukoharjo Tahun Anggaran 2023. (-SDA)